MANAGEMENT FUNCTION

Daftar Isi :




MANAGEMENT FUNCTION

Menurut pendekatan fungsi, manajer melakukan aktivitas atau fungsi tertentu karena mereka mengoordinasikan pekerjaan orang lain secara efisien dan efektif. Apa fungsi-fungsi ini? Henri Fayol, seorang pengusaha Prancis pada awal abad ke-20, menyarankan agar semua manajer melakukan lima fungsi: perencanaan, pengorganisasian, penguasaan, pengoordinasian, dan pengendalian. Saat ini kita menggunakan empat fungsi untuk mendeskripsikan pekerjaan manajer: perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan (lihat EXHIBIT 1.4). Mari kita lihat secara singkat masing-masing. Jika Anda tidak memiliki tujuan tertentu dalam pikiran, maka apapun jalan akan dilakukan. Namun, jika Anda memiliki tempat tertentu Anda ingin pergi, Anda harus merencanakan cara terbaik untuk sampai ke sana. Karena organisasi ada untuk mencapai beberapa tujuan tertentu. Seseorang harus mendefinisikan tujuan itu dan sarana untuk pencapaiannya. Manajer adalah seseorang itu. Saat manajer terlibat dalam perencanaan, mereka menetapkan tujuan, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengembangkan rencana untuk mengintegrasikan dan mengoordinasikan kegiatan. Manajer juga bertanggung jawab untuk mengatur dan menyusun pekerjaan yang dilakukan karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Kami menyebutnya pengorganisasian fungsi. Ketika manajer mengatur, mereka menentukan tugas apa yang harus diselesaikan, siapa yang melakukannya, bagaimana tugas dikelompokkan, siapa yang melapor kepada siapa, dan di mana keputusan akan dibuat.

Setiap organisasi memiliki orang, dan tugas manajer adalah bekerja dengan dan melalui orang untuk mencapai tujuan. Ini adalah fungsi utama. Ketika manajer memotivasi bawahan, membantu menyelesaikan konflik kelompok kerja, memengaruhi individu atau tim saat mereka bekerja, memilih saluran komunikasi yang paling efektif, atau menangani masalah perilaku karyawan dengan cara apa pun, yang mereka pimpin. Fungsi manajemen terakhir adalah mengendalikan. Setelah tujuan dan rencana ditetapkan (perencanaan), tugas dan pengaturan struktural dibuat (pengorganisasian), dan orang-orang dipekerjakan, dilatih, dan dimotivasi (memimpin), harus ada evaluasi apakah semuanya berjalan sesuai rencana. Untuk memastikan tujuan tercapai dan pekerjaan dilakukan sebagaimana mestinya, manajer memantau dan mengevaluasi kinerja. Performa aktual dibandingkan dengan tujuan yang ditetapkan. Jika tujuan tersebut tidak tercapai, tugas manajer adalah mengembalikan pekerjaan ke jalurnya. Proses pemantauan, pembandingan, dan koreksi ini merupakan fungsi pengendalian.

Seberapa baik pendekatan fungsi menggambarkan apa yang dilakukan manajer? Apakah manajer selalu merencanakan, mengatur, memimpin, dan kemudian mengendalikan? Belum tentu. Apa yang tidak dilakukan seorang manajer mungkin tidak selalu terjadi dalam urutan ini. Namun, terlepas dari urutan pelaksanaan fungsi-fungsi ini, manajer merencanakan, mengatur, memimpin, dan mengendalikan saat mereka mengelolanya.

MANAGEMENT FUNCTION


true DAFTAR ISI