SIAPA MANAJER DAN DI MANA MEREKA BEKERJA

Daftar Isi :

SIAPA MANAJER DAN DI MANA MEREKA BEKERJA

SIAPA MANAJER DAN DI MANA MEREKA BEKERJA

Seorang manajer adalah seseorang yang mengatur dan mengawasi pekerjaan orang lain sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Pekerjaan manajer bukanlah tentang pencapaian target pribadi namun seorang manajer harus membantu orang lain melakukan pekerjaan mereka.

SIAPA MANAJER DAN DI MANA MEREKA BEKERJA



Manajer bekerja dalam organisasi. Tapi apakah organisasi itu? Organisasi adalah pengaturan orang yang disengaja untuk mencapai beberapa tujuan tertentu.


MENGAPA MANAJER PENTING

Organisasi agar dapat survive dan tumbuh membutuhkan keterampilan dan kemampuan manajerial yang dimiliki oleh manajer. Di masa yang tidak pasti, kompleks, dan kacau saat organisasi diharapkan dengan dinamika tenaga kerja yang berubah, iklim ekonomi dunia, teknologi yang berubah, globalisasi yang terus meningkat, dan sebagainya, sehingga manajer memainkan peran penting dalam mengidentifikasi masalah kritis dan menyusun respons. Alasan lain mengapa manajer penting bagi organisasi adalah karena mereka sangat penting untuk menyelesaikan sesuatu. Mereka membuat dan mengoordinasikan lingkungan tempat kerja dan sistem kerja sehingga orang lain dapat melakukan tugas tersebut. Atau, jika pekerjaan belum selesai atau tidak selesai sebagaimana mestinya, merekalah yang mencari tahu alasannya dan mengembalikan semuanya ke jalurnya. Dan para manajer ini adalah pemain kunci dalam memimpin perusahaan ke masa depan.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa manajemen adalah apa yang dilakukan manajer. Namun pernyataan sederhana tersebut tidak memberi kita informasi yang cukup untuk memahami apa saja yang dikerjakan oleh seorang manajer. Untuk itu kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan manajemen sebelum membahas lebih spesifik apa yang dilakukan manajer. Manajemen melibatkan koordinasi dan pengawasan aktivitas kerja orang lain sehingga aktivitas mereka diselesaikan secara efisien dan efektif. Kita sudah tahu bahwa mengoordinasikan dan mengawasi pekerjaan orang lain adalah yang membedakan posisi manajerial dari posisi non-manajerial. Namun, ini tidak berarti bahwa manajer atau karyawan mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkan kapan pun, di mana pun, atau dengan cara apa pun. Sebaliknya, manajemen melibatkan memastikan bahwa aktivitas kerja diselesaikan secara efisien dan efektif oleh orang yang bertanggung jawab untuk melakukannya, atau setidaknya itulah yang harus dilakukan manajer.

true DAFTAR ISI